top of page
Search
  • Admin

Jelajahi Kota Cusco yang Menawan (Machu Pichu, Peru)


Cusco, pusat sejarah Kekaisaran Inca, adalah perpaduan yang memukau antara reruntuhan kuno, arsitektur kolonial, dan tradisi budaya yang kaya. Terletak di dataran tinggi Pegunungan Andes, situs Warisan Dunia UNESCO ini berfungsi sebagai pintu gerbang ke Lembah Suci yang terkenal dan Machu Picchu. Inilah mengapa Cusco harus masuk dalam daftar perjalanan Anda:

1. Warisan Inca yang Kaya

Cusco adalah ibu kota Kekaisaran Inca, dan warisannya terasa di seluruh kota. Dinding batu yang mengesankan, banyak yang dibangun oleh orang Inca, menghiasi jalan-jalan dan membentuk fondasi bangunan kolonial. Situs utama termasuk:

  • Sacsayhuamán: Benteng besar dengan pemandangan kota yang menakjubkan, terkenal karena batu-batunya yang dipotong dengan presisi.

  • Qorikancha: Dahulu kuil terkaya di Kekaisaran Inca, didedikasikan untuk Inti, Dewa Matahari. Saat ini, ini adalah perpaduan menarik antara arsitektur Inca dan kolonial, karena Biara Santo Domingo dibangun di atas fondasinya.

2. Keagungan Kolonial

Kedatangan Spanyol pada abad ke-16 meninggalkan jejak yang mendalam pada arsitektur Cusco. Pusat bersejarah kota ini adalah labirin jalan-jalan sempit berbatu yang dihiasi bangunan kolonial yang indah.

  • Plaza de Armas: Alun-alun utama adalah jantung Cusco, dikelilingi oleh landmark yang mengesankan seperti Katedral Cusco dan Gereja Masyarakat Yesus.

  • Distrik San Blas: Dikenal karena suasana bohemian-nya, lingkungan ini adalah rumah bagi para seniman, toko-toko kecil, dan kafe-kafe yang indah.

3. Pintu Gerbang ke Machu Picchu

Cusco adalah titik awal utama untuk perjalanan ke Machu Picchu, kota Inca yang hilang. Apakah Anda memilih untuk mendaki Jalur Inca yang ikonik atau naik kereta api yang indah, petualangan dimulai di sini.

  • Jalur Inca: Pendakian terkenal ini membawa Anda melalui lanskap beragam dan reruntuhan kuno, berakhir dengan pemandangan Machu Picchu yang menakjubkan.

  • Kereta ke Machu Picchu: Untuk perjalanan yang lebih santai, naiklah kereta dari Cusco melalui Lembah Suci ke Aguas Calientes, kota gerbang ke Machu Picchu.

4. Keberagaman Budaya

Cusco adalah museum hidup di mana tradisi sangat berakar dan ditampilkan dengan jelas dalam festival, musik, dan tarian.

  • Inti Raymi: Festival Matahari, yang diadakan setiap bulan Juni, adalah peragaan ulang yang spektakuler dari upacara Inca yang menghormati Dewa Matahari.

  • Pasar San Pedro: Tenggelamlah dalam budaya lokal dengan mengunjungi pasar yang ramai ini, di mana Anda dapat menemukan segala sesuatu mulai dari hasil bumi segar hingga tekstil tradisional.

5. Kuliner Lezat

Kuliner Cusco adalah perpaduan menyenangkan antara bahan-bahan Andean tradisional dan teknik kontemporer.

  • Chicha by Gastón Acurio: Nikmati masakan Peru modern oleh salah satu koki paling terkenal di negara ini.

  • Pachapapa: Terletak di distrik San Blas, restoran ini menawarkan hidangan tradisional seperti cuy (babi guinea) dan steak alpaka dalam suasana halaman yang menawan.

Tips Praktis:

  • Penyesuaian Ketinggian: Cusco terletak di ketinggian 3.400 meter (11.150 kaki) di atas permukaan laut. Santai selama beberapa hari pertama untuk beradaptasi dan minumlah banyak teh coca.

  • Berkeliling: Kota ini paling baik dijelajahi dengan berjalan kaki, tetapi taksi tersedia untuk perjalanan yang lebih panjang atau ketika Anda kekurangan waktu.

  • Keamanan: Cusco umumnya aman bagi wisatawan, tetapi seperti tujuan populer lainnya, perhatikan barang-barang Anda dan hindari area yang kurang terang pada malam hari.

Kesimpulan:

Cusco adalah destinasi yang mempesona yang menawarkan perpaduan unik antara sejarah, budaya, dan petualangan. Apakah Anda menjelajahi reruntuhan kuno, berjalan-jalan melalui jalanan kolonial, atau memulai perjalanan ke Machu Picchu, Cusco menjanjikan pengalaman yang tak terlupakan. Kemas tas Anda dan bersiaplah untuk terpesona oleh keajaiban permata Andean ini!

0 views0 comments

Comments


bottom of page