top of page
Search
  • Admin

Petra, Jordan: Membongkar Keajaiban Kota Batu yang Tersembunyi di Gurun


Selamat datang di Petra, sebuah misteri yang tersembunyi di dalam gurun Jordan. Dikenal sebagai "Rose City" karena warna batu pasir merahnya yang khas, Petra adalah situs arkeologi kuno yang memiliki pesona dan sejarah yang mendalam. Dalam artikel ini, kami akan membimbing Anda melalui keajaiban Petra dan mengapa ini adalah tujuan yang wajib Anda kunjungi.

Membongkar Petra

Petra adalah situs arkeologi yang terletak di selatan Jordan. Ini dibangun sekitar abad ke-5 SM oleh orang-orang Nabatean yang memiliki keterampilan arsitektur yang luar biasa. Dalam keadaan yang terlindung, kota ini tumbuh menjadi pusat perdagangan dan budaya yang penting.

Namun, pada abad ke-7 Masehi, kota ini ditinggalkan dan menjadi terkubur di dalam gurun. Baru pada tahun 1812, ketika seorang penjelajah Swiss, Johann Ludwig Burckhardt, "menemukan" kembali kota ini, keajaiban Petra kembali terungkap.

Menjelajahi Keajaiban Kota Batu

Ketika Anda tiba di Petra, Anda akan segera tersapu oleh keindahan dan skala dari tempat ini. Beberapa situs yang paling mengesankan yang akan Anda saksikan adalah:

  • Siq: Ini adalah lorong sempit yang panjang dan berliku yang mengarah ke dalam kota. Dikelilingi oleh tebing batu pasir merah yang tinggi, Siq adalah pengantar sempurna ke Petra.

  • Khazneh (The Treasury): Mungkin struktur paling ikonik di Petra, Khazneh adalah makam batu yang indah yang dihias dengan kolom-kolom Grecian. Terkenal karena digunakan sebagai lokasi dalam film Indiana Jones "Last Crusade."

  • Monasteri (Al-Deir): Ini adalah situs besar lainnya yang terletak di puncak gunung. Untuk mencapai Monasteri, Anda harus mengatasi sekitar 800 anak tangga, tetapi pemandangan yang menunggu di atas sangat sepadan.

  • Teater Romawi: Dengan daya tampung lebih dari 3.000 orang, teater ini digunakan untuk pertunjukan dan pertemuan masyarakat pada zaman kuno.

  • Tempat Perkumpulan Besar: Dikenal sebagai "Qasr al-Bint," bangunan ini mungkin digunakan sebagai kuil atau tempat pertemuan pada zamannya.

Sejarah dan Budaya

Petra memiliki warisan budaya yang sangat kaya. Selama berabad-abad, berbagai budaya dan peradaban telah memengaruhi kota ini, dari Nabateans hingga Romawi. Masing-masing meninggalkan jejak mereka dalam arsitektur, seni, dan gaya hidup. Melalui berbagai prasasti, ukiran, dan bangunan yang tersebar di seluruh Petra, Anda dapat merasakan keanekaragaman budaya yang melimpah yang pernah ada di sini.

Aktivitas di Petra

Selain menjelajahi situs arkeologi, ada banyak kegiatan lain yang dapat Anda nikmati di Petra:

  • Pendakian Gunung: Anda dapat melakukan pendakian ke Bukit Al-Madras untuk menikmati pemandangan luas Petra dari atas.

  • Jalur Bersepeda: Untuk pengalaman yang berbeda, Anda dapat menjelajahi situs dengan sepeda.

  • Tur Petra by Night: Setiap malam, Petra by Night adalah pengalaman magis di mana ratusan lilin dinyalakan di Siq, menciptakan suasana yang sangat istimewa.

  • Kuliner Jordan: Cobalah hidangan khas Jordan, seperti mansaf (daging kambing dengan yogurt dan nasi) atau falafel (kudapan kacang khas Timur Tengah).

Akomodasi dan Transportasi

Kota Wadi Musa, yang terletak di dekat Petra, adalah tempat terbaik untuk menginap selama kunjungan Anda. Terdapat berbagai pilihan akomodasi, mulai dari hotel mewah hingga hostel yang ramah anggaran.

Anda dapat mencapai Petra dengan bus, taksi, atau mobil sewaan dari kota Aqaba atau Amman, dua kota besar terdekat di Yordania. Pastikan Anda merencanakan perjalanan Anda dengan baik dan memeriksa jam operasional Petra, yang dapat bervariasi tergantung pada musim dan hari.

Kesimpulan

Petra adalah salah satu destinasi wisata paling ikonik di dunia. Dengan sejarah yang kaya, arsitektur yang menakjubkan, dan keindahan gurun yang tak tertandingi, ini adalah tempat yang tidak boleh dilewatkan bagi mereka yang ingin menjelajahi warisan budaya dan alam yang menakjubkan. Reencanakan perjalanan Anda ke Petra, Jordan, sekarang dan temukan keajaiban yang tersembunyi di dalam gurun.

7 views0 comments

Comentarios


bottom of page